Mengenal Kucing Kinkalow, Kucing Munchkin yang Bertelinga Keriting

Kucing Kinkalow adalah ras kucing yang masih cukup baru hasil dari persilangan Kucing Munchkin dan kucing American Curl. Ketika kalian melihat kucing kinkalow maka akan terlihat jelas ciri dari kucing kinkalow merupakan kombinasi dari kedua kucing tersebut yaitu dengan kaki yang pendek dan telinga melengkung kebelakang.

Ciri khas yang didapat dari kucing munchkin membuat kucing kinkalow menjadi kucing yang kerdil dan terkesan imut sedangkan ciri telinga melengkung yang didapat dari kucing American curl memberikan tampilan yang menggemaskan. Gabungan tersebut membuat banyak penggemar kucing menjadi suka dan ingin memelihara kucing kinkalow ini.

Kucing Kinkalow


Ketika masih kecil atau baru lahir telinga kucing kinkalow masih sama dengan kucing pada umumnya, terlihat lurus dan biasa, namun seiring bertambahnya usia terlinga tersebut mulai melengkung kebelakang dan terlihat semakin jelas pada usia 14 sampai dengan 20 hari. Meski perkembangan telinga tersebut umum terjadi pada kucing kinkalow tetapi ada beberapa yang terlihat memiliki telinga melengkung pada usia 2 sampai 5 hari.

Hampir semua pola warna pada kucing bisa didapatkan oleh kucing kinkalow, yang berarti kalian bisa menemukan kucing kinkalow dengan warna bulu putih, cokelat dan pola umum dari kucing lainnya seperti calico, tortie, blue (Abu abu), cream dan juga hitam.

Baca Juga : Kucing Munchkin Berkaki Pendek yang Lucu

Dengan kepopuleran kucing munchkin di Indonesia beberapa tahun belakangan ini membuat kucing kinkalow menjadi salah satu kucing yang dicari oleh kebanyakan orang. Permintaan adopsi kucing kinkalow pada grup adopsi kucing munchkin menjadi sangat banyak dan menarik perhatian para breeder kucing munchkin untuk mengembangkan kucing kinkalow.

Asal Usul Kucing Kinkalow

Kucing kinkalow merupakan kucing yang berasal dari pertengahan tahun 90an sehingga bisa dikatakan kucing ini masih tergolong kucing ras baru jika dibandingkan dengan ras lain. Orang pertama yang mengembangkan kucing kinkalow adalah breeder kucing dari Amerika Serikat yang bernama Terri Harris.

Asal Usul Kucing Kinkalow


Perkembangan kucing kinkalow dimulai ketika Terris menyilangkan kucing munchkin dengan kucing American curl. Awalnya dia hanya ingin melihat hasil yang didapat dari menyilangkan kedua kucing tersebut, namun ternyata dia berhasil membuat kucing keturunan baru yang memiliki kedua kaki pendek dan telinga melengkung mirip dengan ciri kedua induknya.

Hasil dari persilangan tersebut ternyata mirip dengan kucing yang dia inginkan dan membuat kucing kinkalow menjadi kucing yang eksotis dan juga langka. Kucing kinkalow mendapat status Experimental Breed (Ras Kucing Percobaan) dari TICA (The International Cat Association), selain itu kucing ini juga diakui oleh TDCA (The Dwarf Cat Association).

Karakter dan Sifat Kucing Kinkalow

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kucing kinkalow adalah kucing hasil persilangan dari kucing munchkin dan kucing American curl. Dengan ciri yang didapat dari kucing munchkin yang berkaki pendek, membuat kucing kinkalow menjadi kucing yang kecil sehingga berat badan kucing ini hanya setengah dari kucing ras lain pada umumnya.

Sifat Kucing Kinkalow


Meski mempunyai tubuh yang kecil tetapi kucing kinkalow bisa berlarian keliling dengan gesit, kinkalow dikenal dengan kucing yang suka bermain dan memiliki banyak energi untuk melakukan hal tersebut. Selain itu kinkalow juga dikenal sebagai kucing yang suka menikmati waktu berkualitas bersama dengan pemiliknya, tentunya jika kalian memelihara kucing ini maka bermain dengannya setiap hari adalah kegiatan yang disarankan.

Baca Juga : Kucing American Curl, Moyang Kucing Kinkalow

Selain penuh energi dan selalu ceria, kinkalow juga dikenal dengan kucing yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan cerdas. Rasa sosial yang tinggi membuat kucing ini suka terlibat dengan apa yang pemiliknya lakukan. Bagi kalian yang mencari kucing yang senang dibelai dan selalu suka berada di pangkuan maka kucing kinkalow bisa menjadi ras kucing yang direkomendasikan.

Secara keseluruhan kinkalow memiliki kepribadian yang menawan dan menjadikannya kucing yang cocok untuk semua kalangan mulai dari remaja, orang yang sudah berkeluarga, anak anak dan bahkan bisa akrab dengan hewan peliharaan lain. Ketika kinkalow diberikan ruang yang mereka butuhkan untuk bermain dan perhatian serta kasih sayang, kinkalow bisa menjadi kucing peliharaan yang ideal untuk sebuah keluarga.

Kesehatan Kucing Kinkalow

Telinga melengkung yang dimiliki kucing kinkalow terkadang bisa membuat telinga kucing ini sulit untuk dibersihkan, namun hal ini tidak terjadi pada semua telinga kucing kinkalow karena beberapa telinga kucing yang melengkung memiliki bentuk telinga yang berbeda.

Ketika telinga yang sulit dibersihkan ini tidak sering dibersihkan oleh pemilik kucing maka kotoran yang menumpuk pada telinga bisa membuat kucing menjadi tidak nyaman dan bahkan bisa menyebabkan infeksi pada telinga kucing ini. Beberapa orang mengatakan bahwa telinga kinkalow ini termasuk telinga yang rapuh dan juga ada saluran telinga yang mengalami penyempitan.

Kaki pendek yang dimiliki kucing kinkalow bisa merusak beberapa aspek pergerakan (Mobilitas) kucing dan juga beberapa kasus kelainan bentuk kaki serta perkembangan sendi yang tidak normal.

Perawatan Kucing Kinkalow

Bulu pada kucing kinkalow selain memiliki banyak sekali pola warna juga memiliki dua jenis ukuran yaitu bulu panjang dan juga berbulu pendek. Untuk membantu menjaga kesehatan bulunya supaya lebih halus, berkilau dan sehat kita perlu melakukan perawatan pada bulu tersebut.

Perawatan Kucing Kinkalow

Rutinitas dalam menyisir bulu kinkalow perlu dilakukan untuk menjaga bulu tetap sehat, hal ini juga merupakan kegiatan untuk menghabiskan waktu bersama kucing kalian dan membuat hubungan lebih dekat. Ketika menyisir bulunya, kinkalow pasti akan lebih senang dan menikmatinya karena mendapat perhatian dari kalian.

Telinga kucing kinkalow juga harus lebih diperhatikan karena beberapa telinga memiliki bentuk yang sulit untuk dibersihkan. Selalu perhatikan kebersihan telinga supaya kotoran telinga kucing ini tidak menumpuk dan menyebabkan infeksi.

Harga Kucing Kinkalow

Harga kucing kinkalow bisa dikatakan tergolong tinggi karena harga pasaran kucing kinkalow pasti masih diatas harga kucing munchkin. Harga kucing munchkin 2020 ini masih bisa mencapai 5 juta sampai dengan 10 juta keatas, tentunya harga adopsi tersebut juga dilihat dari kualitas kucing dan kebijakan breeder kucing tersebut.

Harga Kucing Kinkalow

Selain penggemar kucing, para breeder juga tertarik dengan kucing kinkalow karena dalam perkembangannya kucing kinkalow bisa untuk disilangkan dengan kucing ras lain dan menghasilkan ras kucing baru lainnya.

Harga adopsi kucing kinkalow berkisar antara 8 juta sampai dengan 10 juta keatas, jika kucing kinkalow PED tentunya bisa lebih dari itu namun hal ini juga tergantung dari breeder yang melepas adopsikannya. Harga kucing kinkalow bulu pendek dan harga kucing kinkalow berbulu panjang bisa berbeda melihat kualitas dari kucingnya.

Bagi kalian yang ini mengadopsi kucing kinkalow sebagai hewan peliharaan maka itu adalah keputusan yang tepat, selain memiliki kepribadian yang baik kucing ini juga bisa dekat dengan siapa saja. Demikian mengenai kucing kinkalow, kucing munchkin yang bertelinga melengkung, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Kucing Kinkalow, Kucing Munchkin yang Bertelinga Keriting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel